Tim SAR Pramuka Menuju Pangandaran

Juli 18, 2006 at 9:01 am 2 komentar

Sumedang —Gerakan Pramuka mengirim 20 anggotanya menuju daerah bencana di Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. “Mereka sudah terlatih dan pernah mengikuti  kursus search and rescue (SAR),”  ujar Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Dr. Yudhyaningsih SW, MSc (ph), di Bumi Perkemahan Mashudi Kiarapayung, Jatinangor, Sumedang, Selasa (18/7).

Menurut Yudyaningsih, mereka merupakan sebagian dari peserta Pelatihan Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat yang dilaksanakan di Kota Bandung, Jawa Barat. Memang sejak 17 sampai 22 Juli, Kwarnas Gerakan Pramuka menyelenggarakan pelatihan (kursus) yang diikuti 72 peserta utusan Kwartir Daerah Pramuka seluruh Indonesia.

Pada pelatihan ini, Kwarnas bekerja sama dengan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO), Care Internasional, Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia dan Yayasan IDEP.  Para peserta yang berusia  25-25 tahun dipersyaratkan pernah mengikuti kursus SAR.

Adi Pamungkas yang menjadi ketua panitia pelatihan menjelaskan begitu mendengar terjadinya gempa di pantai selatan Pulau Jawa, pihaknya langsung melaksanakan koordinasi.  “Kami segera memilih 20 orang dari peserta kursus,” ujar Adi yang menjadi Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka.

Dengan peralatan lengkap,  Tim SAR pada Selasa ini  menuju Pangandaran dengan dipimpin Dian Yahya, Andalan Nasional Kwarnas.  Dian Yahya pernah memimpin Satuan Tugas Pramuka Peduli ketika gempa dan tsunami melanda Nanggroe Aceh Darussalan dan Pulau Nias, beberapa tahun lalu.

Menurut Dian, Senin sore sudah ada empat anggota pramuka yang berangkat ke Pangandaran untuk membantu korban bencana dan  menyiapkan kedatangan Tim SAR Pramuka. Gempa berkekuatan 6,8 skala Richter itu sendiri terjadi Senin (17/7) sore di Samudra Hindia. Setelah gempa terjadi tsunami yang menyapu pantai selatan Jawa. Di Pangandaran sampai Senin malam diperkirakan 45 orang tewas.  [Humas Jamnas]

Entry filed under: Agenda, Indonesia, News, Report, Scout, Update. Tags: .

Amplop Dimas untuk Presiden Laporan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka

2 Komentar Add your own

  • 1. Heri Friyanto  |  November 1, 2007 pukul 6:04 am

    Salam Pramuka,
    Untuk seluruh anggota SAR Pramuka kota bandung saya ucapkan banyak terimakasih karena telah membantu saudara-saudara saya yang terkena bencana gempa di Pangandaran. Semoga amal ibadah kita dibalas oleh Allah Swt, Amin..
    Selamat berjuang
    salam pramuka

  • 2. InfoPangandaran.Com  |  Maret 5, 2008 pukul 4:02 am

    Informasi Online Pangandaran
    klik http://www.infopangandaran.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Laman

Pos-pos Terbaru

Arsip


%d blogger menyukai ini: